Berita Terbaru

PPUK Prasetiya Mulya Gelar Webinar dan Workshop untuk UMKM: Strategi untuk Sukses bisnis yang Unggul dan Terpadu

Berita Kuningan - Pusat Pengembangan Usaha Kecil (PPUK) Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan webinar dan workshop untuk UMKM bertema Sinergi Kualitas, Inovasi dan Komunikasi Bisnis: Strategi untuk Sukses bisnis yang Unggul dan Terpadu, pada 11 Juni 2024 secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan pengetahuan peserta dalam memahami konsep tentang kualitas produk, inovasi produk dan komunikasi yang efektif; penguatan pengetahuan peserta dalam mempraktikkan konsep kualitas produk, inovasi produk dan komunikasi efektif dalam bisnis yang dimiliki; dan menjadi sarana silaturahmi dan eksplorasi ide-ide baru dalam pengembangan bisnis peserta.

Peserta webinar dan workshop dihadiri oleh pelaku UMKM sebanyak 97 peserta yang berasal dari Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Tangerang. Peserta UMKM tidak terbatas pada industri makan dan minuman, melainkan dari fashion, kecantikan, kerajinan tangan, produk pertanian, dan bidang layanan/ jasa. Rata-rata lama peserta menjalankan usahanya yakni 4-7 tahun. Namun terdapat beberapa peserta yang baru memulai usahanya sekitar 1 tahun maupun sudah mencapai 102 tahun, yang bertahan dari generasi ke generasi. Acara dibuka untuk umum, namun banyak mitra UMKM Universitas Prasetiya Mulya selama bertahun-tahun turut serta hadir dalam acara ini. Hal ini menunjukkan antusias tinggi dari mitra terhadap pengabdian masyarakat Universitas Prasetiya Mulya.

Acara ini dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan strategis secara efektif kepada para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka. 

Acara dibuka dengan sambutan sekaligus soft launching Forum Komunitas Mitra Prasetiya Mulya oleh Dr. Fathony Rahman, DBA. selaku Dekan Sekolah Bisnis Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya. 

Sesi webinar diisi oleh Franky Supriyadi, Ph.D. selaku Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya. Beliau membagikan pengetahuan kepada peserta mengenai pengembangan bisnis secara umum dengan menekankan sinergi antara kualitas produk, inovasi produk dan komunikasi bisnis untuk menghadapi persaingan di dunia bisnis. Pada masa ini, banyak pengusaha yang masih berjuang menemukan keunggulan bisnisnya agar mampu bertahan ditengah persaingan yang ketat di dunia bisnis.

Sesi workshop difasilitasi oleh masing-masing fasilitator kelas yaitu: Natasha Angelica, MM (Kualitas Produk); Salsabila Ramadita, M.A (Inovasi Produk) dan Sukasah Syahdan, S.S., M.B.A. (Komunikasi Bisnis). Para peserta yang sebelumnya sudah memilih peminatan materi sesuai kebutuhan, dipersilahkan untuk masuk ke dalam breakout rooms. Sesi workshop berjalan dengan interaktif karena peserta diajak untuk aktif berdiskusi dan mencari solusi bersama dengan fasilitator dan pelaku UMKM lainnya.  Terakhir, peserta diminta untuk mendiskusikan tugas yang sudah dipersiapkan oleh peserta masing-masing.

Hasil survey kepuasan menujukkan bahwa 94% peserta puas dan informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas. Beberapa peserta diantaranya mengatakan “Materi kegiatan dapat saya terapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Jika ada kegiatan serupa, saya akan mengikuti lagi dan merekomendasikan kepada orang lain”. Antusias peserta dalam belajar meningkatkan semangat PPUK  untuk terus memberikan wadah pengembangan bagi para pelaku UMKM. Besar harapan PPUK untuk mempeluas cakupan komunitas UMKM se-Indonesia. 

Pada kesempatan itu juga, Dekan Sekolah Bisnis Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya meresmikan Forum RASIO (F-RASIO) yang ke depan diharapkan menjadi sebuah perkumpulan Pejuang UMKM yang ingin terus belajar bersama akademisi maupun praktisi Universitas Prasetiya Mulya. Diharapkan ke depan, forum ini mampu menjadi wadah bagi Bapak Ibu Dosen untuk terus memberikan kontribusi terhadap peningkatan kapasitas UMKM binaan. Di samping juga akan menjadi kredit Pengabdian Kepada Masyarakat dan berguna untuk jenjang karir Bapak Ibu Dosen sebagai akademisi . (RDP/Ril)

Tidak ada komentar