Berita Terbaru

Live Coocking Siswa SMKN 1 Cilimus akan Meriahkan Pasar Rakyat Merdeka Belanja

Berita Kuningan - Siswa SMK Negeri 1 Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat akan ikut berpartisipasi dalam meramaikan Festival Pasar Rakyat "Merdeka Belanja" yang akan digelar di Area Parkir Objek Wisata J&J pada hari Ahad, 18 Agustus 2024 mendatang. 

Dalam acara ini, para siswa-siswi jurusan Kuliner akan melakukan live cooking dengan menampilkan atraksi pembuatan mie secara tradisional. Mie, yang dikenal sebagai salah satu makanan ikonik, akan dipersiapkan dengan cara yang autentik dan menarik, memberikan pengalaman langsung kepada pengunjung tentang teknik pembuatan mie secara tradisional.

Selain live cooking dari siswa-siswi SMKN 1 Cilimus, juga akan tersedia berbagai kue tradisional yang kini semakin jarang ditemui di pasar modern saat ini. Penjualan ini bertujuan untuk mengulang kenangan indah masa lalu dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati kuliner yang telah tergerus oleh tren makanan kekinian. Selain itu, produk-produk hasil pertanian dan produk UMKM kebanggaan Kabupaten Kuningan.

Aldhyla Justitia Darawati, Kepala Program Studi Jurusan Kuliner SMKN Negeri 1 Cilimus, menjelaskan, bahwa Jurusan Kuliner SMKN 1 Cilimus berfokus pada pengolahan makanan dan minuman, sanitasi hygiene, serta kewirausahaan kuliner. 

" Di festival ini, kami ingin memperkenalkan jurusan kami kepada khalayak luas, menumbuhkan mental wirausaha pada siswa, dan membangun relasi yang lebih luas. Kami berharap siswa-siswa kami menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membuat produk sesuai dengan kompetensinya, serta mampu mendorong perekonomian dan mencapai kemandirian finansial di usia muda," ungkap pendidik yang ingin siswanya jadi pengusaha, yang akrab disapa Dea, Sabtu (10/8/2024)

Dea menerangkan, para siswa yang tergabung dalam jurusan kuliner di SMKN 1 Cilimus mempelajari berbagai mata pelajaran, seperti project kreativ dan kewirausahaan, ilmu gizi, serta pengolahan makanan kontinental. Dengan berpartisipasi dalam acara ini, mereka tidak hanya mengasah keterampilan mereka tetapi juga berkontribusi pada visi sekolah untuk mencetak wirausahawan masa depan.

Festival Pasar Rakyat "Merdeka Belanja" diharapkan menjadi platform yang efektif untuk memperkenalkan kuliner tradisional dan produk lokal kepada masyarakat, sekaligus memberikan ruang bagi kreativitas dan inovasi dari generasi muda. (AR27/Red)

Tidak ada komentar